Breaking

Thursday, September 05, 2013

Pentingnya Sitemap Untuk Sebuah Blog dan SEO

zippien
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi sebuah website ataupun blog. Mulai dari mengoptimasi Online page maupun Offline page. Salah satu faktor penting untuk mengoptimasi Onpage adalah membuat Sitemap kemudian mensubmitnya ke Webmaster Tool. Hal ini harus dilakukan agar spider search engine dapat mengcrawl atau menjelajahi keseluruhan content dari website atau blog anda. Nah, sudah tahukah anda apa sebenarnya Sitemap itu? Kila belum, maka anda wajib membaca keseluruhan artikel ini. Hehe..

Sitemap (Peta Situs) atau  yang lebih populer disebut Daftar Isi adalah peta dari sebuah website yang menunjukkan bagaimana halaman anda yang menjelaskan bagian yang terkait satu sama lain. Sitemap adalah halaman yang dapat menunjukkan struktur seluruh isi situs dan navigasinya.



Mengapa Sitemap penting untuk sebuah website/blog dan SEO?
Ada banyak tips dan langkah-langkah yang perlu diikuti saat melakukan SEO pada sebuah website/blog. Salah satu poin yang paling penting yang perlu diingat adalah membuat dan mensubmit Sitemap. Sitemap sangat membantu dalam membuat navigasi dari sebuah website menjadi lebih mudah. Sitemap juga berguna dalam membuat pengindeksan halaman website atau blog anda di search engine menjadi lebih mudah atau bahkan bisa dibilang sitemaps bertindak sebagai saluran komunikasi antara situs web dengan mesin pencari.

Sitemap seperti yang saya ketahui ada 2 macam, apa saja mereka? Berikut dibawah ini :

1. XML Sitemap

Sitemap jenis ini adalah sitemap yang menjadi rujukan bagi search engine dalam melakukan crawling sebuah website/blog, tentu saja setelah anda mensubmitnya ke webmaster tool baik di google maupun Bing. Jika anda belum membuatnya, silahkan buat dulu kemudian segera mensubmitnya. Gunakan free online sitemap generator seperti www.xml-sitemaps.com untuk membuatnya. Jika itu sudah dilakukan maka proses indeks menjadi lebih cepat dan tidak ada url/halaman yang terlewatkan oleh spiderbot search engine.

2. HTML Sitemap
Sitemap HTML ini berfungsi sebagai alat navigasi dan pemetaan yang ditujukan untuk pengunjung/visitor yang berisi keseluruhan content dari sebuah website atau blog. Tentunya hal ini sangat menguntungkan pengunjung dan juga pemilik blog/website dalam usaha meningkatkan jumlah pageview.


Manfaat Sitemap untuk sebuah website/blog
Seperti yang saya tekankan diatas, sebuah sitemap tentu saja sangat penting untuk mengoptimasi sebuag website/blog. Berikut dibawah ini diantaranya:
  • Sitemap membuat navigasi dari sebuah website/blog menjadi lebih mudah.
  • Sitemap juga dapat meningkatkan visibilitas website/blog di search engine.
  • Jika ada perubahan atau update yang dibuat kesitus web, Sitemap akan membiarkan mesin pencari tahu tentang perubahan itu segera. Ini tidak berarti bahwa semua perubahan akan diimdeks langsung tapi pasti sitemap akan membuat proses pengindeks-an perubahan itu menjadi lebih cepat.
  • Jika anda telah mensubmit sitemap website/blog ke search engine, anda tidak perlu khawatir membuat link eksterrnal untuk membawa mesin pencari kes situs web anda. Sitemap juga membantu dalam menemukan link internal yang rusak.


Sebuah website ataupun blog yang memiliki update artikel secara berkala harus memiliki sitemap. Sitemap kini telah menjadi cara standar untuk mengirimkan dan memberitahukan website/blog ke mesin pencari. Meskipun proses crawl spiderbot jalan terus tapi mensubmit sitemap, seacar logika dapat meningkatkan proses crawl dan pengindeks-an menjadi lebih cepat. leh karena itu sitemap ini penting untuk anda terapkan pada web / blog anda.

Semoga Artikel Ini Bermanfaat Baik untu pengguna baru maupun pengguna lama yang belum tahu..

2 comments: