Breaking

Friday, October 19, 2012

Langkah-Langkah Cara Membuat Laporan Ilmiah



z
Berikut adalah langkah langkah cara membuat Laporan ilmiah . yah semoga aja bisa bermanfaat buat kalian yang lagi mau membuat Laporan Ilmiah ,, kan sapa tau aja ada yang belum tau gimana sih cara membuat laporan ilmiah itu ,, buat yang uda tau mohon kasih sarannya ya :) buat nge bantu temen temen lain yang belum ngerti mungkin :D dapat pahala loh.. ok langsung simak aja :D



Langkah-Langkah Cara Membuat Laporan Ilmiah
Penyusunan laporan penelitian (skrips) umumnya terdiri dari berbagai bagian berupa bab-bab dan setiap babnya dibagi dalam sub bab, pembagiannya dilakukan sesuai dengan keperluan dan kebutuhan dalam penjabarannya. Pada umumnya skripsi terbagi atas tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian isi dan bagian penutup.
2.1.1 Bagian Awal 
Bagian awal Penulisan Ilmiah terdiri dari: 
1. Halaman Sampul
2. Halaman Judul
3. Halaman Pernyataan Orisinalitas
4. Halaman Pengesahan
5. Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih (jika diperlukan)
6.Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk Kepentingan
    Akademis
7. Abstrak (dalam bahasa Indonesia dan Inggris)
8. Daftar Isi
9. Daftar Tabel (jika diperlukan)
10.DaftarGambar  (jikadiperlukan)
11. Daftar Rumus  (jika diperlukan)
12. Daftar Notasi  (jika diperlukan)
13. Daftar Lain (jika diperlukan)
14. Daftar Lampiran (jika diperlukan)

3.1.1.1 Halaman Sampul
Sebagai halaman terdepan yang pertama terbaca dari suatu karya ilmiah, halaman sampul harus dapat memberikan informasi singkat, jelas dan tidak bermakna ganda (ambigu) kepada pembaca tentang karya ilmiah tersebut yang berupa judul, jenis karya ilmiah (skripsi/tesis/disertasi), identitas penulis, institusi, dan tahun pengesahan. 

3.1.1.2 Halaman Judul
Secara umum informasi yang diberikan pada Halaman Judul sama dengan Halaman Sampul, tetapi pada Halaman Judul, dicantumkan informasi tambahan, yaitu untuk tujuan dan dalam rangka apa karya ilmiah itu dibuat.

3.1.1.3 Halaman Pernyataan Orisinalitas
Halaman ini berisi pernyataan tertulis dari penulis bahwa tugas akhir yang disusun adalah hasil karyanya sendiri dan ditulis dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah.
3.1.1.4 Halaman Pengesahan
  Halaman pengesahan berfungsi untuk menjamin keabsahan karya ilmiah atau pernyataan tentang penerimaannya, khususnya skrispi, tesis, dan disertasi, oleh institusi penulis.

3.1.1.5 Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih
Halaman kata pengantar memuat pengantar singkat atas karya ilmiah. Halaman ucapan terima kasih memuat ucapan terima kasih atau penghargaan kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas akhir. Sebaiknya, ucapan terima kasih atau penghargaan tersebut juga mencantumkan bantuan yang mereka berikan,misalnya bantuan dalam memperoleh masukan, data, sumber informasi, serta bantuandalam menyelesaikan tugas akhir.

3.1.1.6 Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk Kepentingan Akademis 
            Halaman ini berisi pernyataan dari mahasiswa penyusun tugas akhir yang memberikan kewenangan kepada Universitas Indonesia untuk menyimpan, mengalih media/ format-kan, merawat, dan memublikasikan tugas akhirnya untuk kepentingan akademis. Artinya, Unversitas Indonesia berwenang untuk memublikasikan suatu tugas akhir hanya untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan, sedangkan hak cipta tetap pada penulis.

2.1.1.7 Abstrak (dalam bahasa Indonesia dan Inggris) 
Abstrak merupakan ikhtisar suatu tugas akhir yang memuat permasalahan, tujuan, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan. Abstrak dibuat untuk memudahkan pembaca mengerti secara cepat isi tugas akhir untuk memutuskan apakah perlu membaca lebih lanjut atau tidak.

2.1.1.8 Daftar Isi
Daftar Isi memuat semua bagian tulisan beserta nomor halaman masing-masing, yang ditulis sama dengan isi yang bersangkutan. 

2.1.1.9 Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lain
Daftar tabel, gambar, dan daftar lain digunakan untuk memuat nama tabel, gambar,dan sebagainya yang ada dalam tugas akhir. Penulisan nama tabel, gambar, dan sebagainya menggunakan huruf kapital di awal kata (titlecase).

2.1.2 Bagian Isi
Bagian isi skripsi umumnya terdiri atas beberapa bab, yaitu:
1. Bab pendahuluan
2. Bab landasan teori
3. Bab-bab dalam bagian isi skripsi
4. Bab kesimpulan

2.1.2.1 Bab Pendahuluan
Pada bab pendahuluan diuraikan alasan atau latar belakang pemilihan judul atau bidang penelitian dan tujuan penelitian serta perumusan persoalan dan sebagainya yang berguna untuk memperjelas ruang lingkup penelitian. Bab ini pada umumnya terdiri atas:
1.Latar belakang
Latar belakang berisi tentang motivator atau pendorong bagi peneliti untuk melakukan penelitian, atau bisa juga berisi pendorong bagi orang lain untuk membaca bagian selanjutnya, atau dengan kata lain harus dapat mengundang minat orang membaca lebih lanjut bagi orang lain. Selain itu, sejauh mana masalah yang diteliti memiliki validitas dan reliabilitas. Apakah masalah masih meragukan sehingga perlu diteliti. Disamping itu perlu juga masalah dibandingkan dengan fakta baik teoretik maupun secara faktual. Adapun materi yang sering dituangkan dalam latar belakang penelitian biasanya berisi tentang: konstelasi atau sinyalemen masalah yang akan diteliti; relevan di masalah dengan aspek dari ilmu tertentu; kesesuaian pendekatan metodologi yang digunakan; serta gambaran kegunaan hasil penelitian. Selain itu, dari pihak penulis bisa juga disebutkan alasan-alasan tertentu dilaksanakannya penelitan ini, misalnya apakah cukup menarik permasalahannya, serta juga, apakah masalah tersebut memungkinkan untuk diteliti.

2. Perumusan masalah
Perumusan masalah berisikan inti persoalan/permasalahan yang akan diteliti, dengan diungkapkannya secara tegas abstraksi permasalahannya. Rinciannya bisa dikenali satu-satu permasalahan inti tersebut dengan cara dipecah ke dalam masalah-masalah yang lebih sempit.
3. Tujuan penelitian
Tujuan penelitian intinya adalah merumuskan apa-apa yang akan diketahui atau ditemukan dalam penelitian tersebut. Cara sederhana untuk mengetahui materi yang dicantumkan dalam rumusan tujuan penelitian ini adalah dengan mengajukan pertanyaan dan tujuan penelitian kira-kira adalah untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut.

4. Manfaat penelitian
Kegunaan penelitian menggambarkan manfaat dari penelitian ini, baik secara teoretis maupun secara praktis, langsung maupun tidak langsung. Rumusan manfaat penelitian hendaknya mampu memberikan gambaran bahwa hasil penelitian yang akan dicapai itu memiliki kontribusi terhadap perkembangan keilmuan atau kesenian sesuai dengan lingkup bidang ilmu yang dikaji dan/atau memberikan jalan ke luar pemecahan permasalahan kehidupan nyata, baik kehidupan dalam bidang kerja atau masyarakat, yang memerlukan pemikiran bidang ilmu yang dikaji.
5. Ruang lingkup dan batasan masalah
Pada bagian ini ruang lingkup kajian/analisis dituliskan secara jelas agar penelitian lebih terfokus dan tidak melebar ke mana-mana. Ruang lingkup biasanya membicarakan dan membatasi teori apa saja yang digunakan sedangkan pada batasan yang dibicarakan dan dibatasi adalahsumberdatadandata.
6. Metodologi penelitian
Mengungkapkan secara ringkas proses penelitian dan rancangannya secara menyeluruh, termasuk di dalamnya penetapan populasi, teknik sampling, pengumpulan data, dan juga teknik analisis. Seperti di bagian lalu sudah disebutkan, bahwa metode penelitian bisa disimpan sebagai bagian dari bab I suatu karya penelitian tesis atau skripsi, namun bisa juga disimpan secara khusus pada bab III. Jika yang terakhir ini yang dipilih, maka perancangan metode penelitian bisa lebih rinci. 
7. Sistematika penelitian
Memberikan gambaran umum dari bab ke bab isi dari penulisan skripsi.

2.1.2.2 Bab Landasan Teori
Pada bab ini berisi karangan-karangan atau buku-buku mengenai bidang penelitian dan teori-teori yang mungkin berlaku pada saat penelitian dan ada hubungannya dengan judul yang akan dibahas. Yaitu berisi tinjauan teori yang relevan dengan masalah yang diteliti. Ini mirip dengan penjabaran lebih luas dari kerangka pemikiran peneliti yang didasarkan kepada teori yang sudah baku. Dengan dukungan berbagai teori yang sudah ada dan relevan dengan masalah yang diteliti, peneliti menjelaskannya secara lebih rinci mengenai permasalahan yang diteliti. Dalam bagian ini juga sering dicontohkan kasus- kasus aplikatif dari teori yang ada pada kondisi masalah yang diteliti.

2.1.2.3 Bab-bab Dalam Bagian Isi Penulisan Ilmiah 
Pada bagian ini jumlah bab disesuaikan dengan keperluan. Dalam bab- bab tersebut diuraikan secara rinci pembahasan skripsi. Bagian ini biasanya berisi data hasil penelitian dan pembahasannya. Yaitu menyajikan hasil penelitian lapangan. Sebagai contoh, menganalisis pelaksanaan manajemen pada salah satu perusahaan, salah satu aspek bauran pemasaran (marketing mix). Masalah tingkat kepuasan pelanggan, hal-hal apa saja dari dari barang/jasa yang dianggap penting oleh pelanggan. Kemudian hasil penelitian dianalisis dan dievaluasi, misalnya dengan membandingkan teori yang telah dipelajari selama kuliah dengan kenyataan praktek yang dijumpai di lapangan.

 2.1.2.4 Bab Kesimpulan 
Bab ini memuat kesimpulan dari analisis pekerjaan/kegiatan dalam penyusunan skripsi. Dalam bab ini biasanya ditambahkan saran. 

2.1.3 Bagian Penutup
Pada bagian akhir berisi lampran-lampiran yang dirasa perlu untuk diikutsertakan dalam laporan hasil penelitian, tidak semua yang ada dan diperoleh selama penelitian. Lampiran ini utamanya hal-hal yang menunjang sebagai bukti dan menguatkan uraian dalam materi. Bagian ini terdiri dari:
1. Daftar Referensi
2. Lampiran (jika ada)
2.1.3.1 Daftar Referensi
Daftar Referensi merupakan daftar bacaan yang menjadi sumber, atau referensi atau acuan dan dasar penulisan tugas akhir. Daftar referensi ini dapat berisi buku, artikel jurnal, majalah, atau surat kabar, wawancara, dan sebagainya. Dianjurkan agar 70% daftar referensi yang digunakan merupakan terbitan terbaru (minimal terbitan 2 tahun terakhir)

2.1.3.2 Lampiran 
Lampiran merupakan data atau pelengkap atau hasil olahan yang menunjang penulisan tugas akhir, tetapi tidak dicantumkan di dalam isi tugas akhir, karena akan mengganggu kesinambungan pembacaan. Lampiran yang perlu disertakan dikelompokkan menurut jenisnya, antaralain:jadwal,tabel,daftarpertanyaan,gambar,grafik,desain.
  2.2 Teknik Penulisan Skripsi
Konsep penulisan laporan akhir dalam kegiatan penelitian selalu diikuti dengan penulisan yang sistematis untuk menunjang penyajian yang runtun, baik dan rapi. Skripsi dibuat dengan menggunakan Bahasa Indonesia baku dan jarak antar baris
menggunakan dua spasi. Pada makalah ini dipaparkan teknik penulisan skripsi pada
umumnya.
2.2.1 Sampul
Pada halaman sampul tercantum:
1. Nama lembaga perguruan tinggi
2.Namafakultas
3.Judulskripsi
4.Namapenulis
5. Pernyataan: “Guna memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh gelar
sarjana…..”
2.2.2Penomoran Halaman
- Halaman-halaman pada bagian awal skripsi diberi nomor terpisah dari nomor halaman bagian isi atau bagian utama skripsi. Nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil (i,ii,iii,iv,…) untuk membedakan dari nomor halaman bagian isi skripsi. Posisi di tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul dan lembar pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tapi tetap dihitung.
- Bagian isi, nomor halaman ditulis dengan angka arab 1,2,3,…,6,7,…. Halaman pertama dari bab pertama adalah halaman nomor satu. Peletakan nomor halaman untuk setiap awal bab di bagian bawah tengah, sedangkan halaman lainnya di pojok kanan atas.
- Bagian akhir, nomor halaman ditulis di bagian bawah tengah dengan angka latin
dan merupakan kelanjutan dari penomoran pada bagian pokok.
2.2.3 Penulisan Daftar Pustaka
Daftar pustaka yang merupakan salah satu bentuk penyajian dari sumber yang
digunakan dalam penulisan karya ilmiah, tata cara penulisannya sampai saat ni
memang belum baku namun sebagai pegangan dalam pembuatannya dapat diikuti
cara-cara sebagai berikut:

A. Untuk daftar pustaka yang berasal dari buku
1. Penulisan nama pengarang dengan urutan : nama keluarga/family (kalau ada)
    diikuti tanda koma kemudian nama kecil dan diakhiri dengan tanda koma
2. Judul buku dengan diikuti tanda koma, yang ditulis dengan huruf miring atau
    dengan garis bawah
3. Tempat penerbitannya dengan diikuti tanda titik dua.
4.Nama penerbit diikuti dengan tanda koma dan tahun penerbitan serta cetakan,
   jilid atau seri yang diakhiri tanda titik.
Apabila terdapat pengarang satu dengan yang lainnya sama namun judul bukunya berlainan,maka untuk penulisan nama pengarang berikutnya hanya dengan membubuhkan garis memanjang. Penyusunan daftar pustaka dilakukan menurut alfabet nama pengarang dan telah disusun sesuai aturan penulisan di atas.
Cara Menyampaikan Hasil Penelitian
Mengapa seseorang harus mengadakan penelitian? Tentu saja adatujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh seorang peneliti.Melakukan suatu penelitian pada dasarnya adalah mencari informasiseakurat mungkin untuk menjawab suatu permasalahan secara ilmiah.Paling tidak dengan mengadakan suatu penelitian kita akan mendapatdugaan-dugaan atau kemungkinan-kemungkinan jawaban dari suatupermasalahan secara ilmiah. Mengapa penelitian harus bersifat ilmiah?Karena hasil dari suatu penelitian harus dapat dipertanggungjawabkan.Sebagai seorang pelajar, tentu saja kamu tidak asing denganpenelitian.Hampir setiap semester guru di sekolah kamumemprogramkan suatu penelitian sederhana untuk menambahwawasan keilmuan para siswanya.


Pada umumnya hasil penelitian yang kamu lakukan tersebut, kemudian kamu presentasikan pada gurudan teman kamu sebagai bentuk pelaporan atau pertanggungjawabandi depan kelas.Agar kamu dapat melaporkan hasil penelitian kamu dengan baik,sebaiknya kamu memperhatikan hal-hal berikut ini.

1.Rumuskan terlebih dahulu pokok-pokok yang kamu laporkan.
2.Jika hasil penelitian kamu cukup panjang,sebaiknya kamumelaporkan hal-hal yang pokok saja. Bagian pendahuluan, misalnyalatar belakang, landasan teori, metode, hipotesis, dan lain-lain,cukup kamu ulas sedikit saja dalam bentuk suatu pengantarpembicaraan kamu.
3.Untuk memudahkan dan mengefektifkan laporan penelitian yangakan kamu laporkan, buatlah terlebih dahulu ringkasan hasilpenelitian berdasarkan pokok-pokok catatan yang telah kamurencanakan untuk kamu laporkan
4.Persiapkan terlebih dahulu alat-alat peraga jika memang diperlukan.
5.Laporkan hasil penelitian kamu secara sistematis atau runtut.6.Ungkapkan ringkasan hasil penelitian kamu dengan suara yang jelas, intonasi kalimat yang tepat secara singkat dan padat.

smoga berguna

sumber : heeeyyyhooo


4 comments:

  1. banyaknya laporan yang harus kita garap kadang membuat kita malas untuk menyelesaikannya...thanks

    ReplyDelete
  2. BeRguna banget . . Tapi kok BanYak aMat yaak. . Jadi pusing + maLes ngeRjainya . . hehe . . :D (makLum gua masih sMa)

    ReplyDelete