Breaking

Sunday, April 12, 2020

Perbedaan Konsep dan Konstruk


zippien
Konsep dan Konstruk
Defisini Konsep
Konsep bisa lahir berdasarkan kajian ilmu yang digunakan dalam penelitian. Istilah konsep berasal dari bahasa latin conceptum, artinya sesuatu yang dipahami. Aristoteles dalam "The classical theory of concepts" menyatakan bahwa konsep merupakan penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia. Konsep merupakan abstraksi suatu ide atau gambaran. Melalui dengan konsep seorang manusia akan memahami sesuatu yang akan dipikirkannya.
Secara sederhana konsep ini adalah media yang membantu manusia untuk berpikir. Sesuatu yang ingin dipahami, dimengerti, diukur, dan dikritisi secara mendalam oleh pikiran manusia.
Konsep itu sendiri adalah gambaran abstrak tentang kejadian, keadaan, dalam suatu kelompok atau individu. Gambaran abstrak yang menjadi kata penjelas dari suatu istilah konsep dimaksudkan untuk memperjelas sesuatu yang terjadi.

Beberapa ahli juga menyatakan tentang defisini konsep, Menurut :
Soedjadi, konsep adalah ide abstrak yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata.
Singarimbun (2006) mengemukakan bahwa konsep adalah istilah dan definisi yang digunakan untuk menggambarkan secara abstrak suatu kejadian, keadaan, kelompok atau individu yang menjadi pusat perhatian ilmu sosial.
Woodruff mendefinisikan konsep sebagai :
a) suatu gagasan/ ide yang relatif sempurna dan bermakna,
b) suatu pengertian terhadap objek;
c) produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek atau benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda).
Davis & Cosenza (1993) konsep adalah sejumlah pengertian atau karakteristik, yang dikaitkan dengan peristiwa objek, kondisi, situasi, dan perilaku tertentu, dengan kata lain konsep adalah pendapat abstrak yang digeneralisasi dari fakta tertentu.

Konstruks
Sedang kan Kontruks merupakan jenis konsep tertentu yang berada dalam tingkatan abstraksi yang lebih tinggi dari konsep dan diciptakan untuk tujuan teoritis tertentu. Konsep dihasilkan oleh ilmuwan secara sadar untuk kepentingan ilmiah. Konstruk dapat diartikan sebagai konsep yang telah dibatasi pengetiannya (unsur, ciri, dan sifatnya) sehingga dapat diamati dan diukur.

Jadi dapat disimpulkan perbedaan Konsep dan Kostruk
a)      Konstruk merupakan jenis konsep tertentu yang berada dalam tingkatan abstraksi yang lebih tinggi dari konsep dan diciptakan untuk tujuan teoritis tertentu. Konsep dihasilkan oleh ilmuwan secara sadar untuk kepentingan ilmiah.
b)      Konsep masih bersifat general dan sulit terukur dikarenakan tidak ada kata penjelasnya. Berbeda dengan konstruk yang sudah jelas dikarenakan dijelaskan dengan bilangan yang mengarah kepada konsep.
c)      Konsep adalah inti istilah yang akan dibahas. Sedangkan, konstruk adalah istilah penjelas yang akan menjelaskan secara detail. Sehingga pada umumnya konstruk ini cukup mudah dipahami daripada konsep.
d)     Pada umumnya konstruk yang mudah diukur adalah berbentuk fisik. Contoh : ketinggian, panjang, jarak. Istilah ini mudah dipahami dikarenakan diukur dengan keterangan penjelas berupa bilangan.

No comments:

Post a Comment