Breaking

Sunday, June 12, 2011

Tips Trick isu Pada Nokia 5800

Tips ini saya rangkum dan susun sesuai yang saya lakukan, ada juga pembahasan saya tentang isu yang sering muncul di forum dan blog lain, semoga ini bisa bermanfaat bagi anda, karena masalah yang saya alami ini merupakan masalah yang sering muncul di ponsel ini, sejatinya sebenarnya ponsel ini tidak bermasalah, hal yang tak masalah itu akan menjadi masalah bila kita menganggap hal itu merupakan masalah, jadi untuk masukan, akan saya tuliskan di bawah ini, silahkan dibaca..

1. Jangan terlalu sering menghubungkan PC/Laptop ke ponsel menggunakan kabel data, apalagi setelah itu langsung sekenanya mencabut kabel (bahkan walaupun sudah safely remove), karena disaat kabel dicabut dari ponsel, ponsel ini akan melambat, ntah apa yang menyebabkannya begitu, lambat sekali dalam memproses, sering terjadi hang untuk beberapa detik, jadi lebih baik jika memang harus menggunakan kabel, setelah dicopot tidak usah buru-buru dipakai, tunggu, ya kurang lebih 30-60 detik, setelah itu baru gunakan, untuk yang lebih aman lagi, menurut saya masih mending copot memori daripada pakai kabel data, ini saya pribadi yang merasakannya, jika masalah ini tak pernah terjadi pada ponsel anda, maka bersyukurlah ponsel anda tangguh, hehe.



2. Terkadang layar menjadi blank setelah mencabut pengisian baterai dari port, blank disini bukan berarti hilang total, disini terjadi karena kesalahan kecil pada sistem, kesalahan itu sering terjadi disaat lampu menyala pada keadaan layar terkunci, disaat seperti ini bila kita menggeser trigger (pembuka kunci layar) maka layar akan mati / blank, namun setelah kita menggeser lagi triggernya maka anda akan menemukan ponsel anda dalam keadaan terkunci namun layarnya menyala, hal ini pasti dan sering terjadi, sebenarnya ini bukan masalah, hal ini merupakan hal biasa, jadi untuk keluar dari masalah ini, anda cukup santai, disaat pertama kali anda menemukan layar anda nyala dalam keadaan terkunci (setelah anda mencabut colokan port atau jika notifikasi sms masuk), anda cukup menekan tombol menu di bawah layar, setelah muncul notifikasi geser trigger dan latar menjadi gelap, segera geser trigger, maka VOILA layar anda akan nyala total, namun bila anda terlanjur menggeser tanpa menekan tombol menu yang istilahnya ‘wes kadung nggeser’, anda tetap bisa melakukan cara serupa dengan mengakali ponsel anda, yang penting saat layarnya nyala langsung saja geser trigger pembuka kunci layar, dan segera layar akan terbuka dan dapat diakses kembali.

3. Isu bahwa baterai boros dan cepat habis, oke pertama saat saya beli saya sempat merasa takut akan isu ini, huhu berharap dapat ponsel yang bisa bertahan lama, apalagi di pekanbaru waktu itu sering listrik mati, nahh setelah saya beli ponsel ini dari toko, saya merasa horor juga, saat pertama dibeli, mas yang jaga itu sekenanya saja ngotak-ngatik ponsel padahal tanpa menawarkan kepada saya (dia pikir saya ndeso apa gak tau cara make ponsel), saat itu baterainya masih ada 5 bar setelah baterainya dikeluarkan dari plastik yang masih tertutup rapat, setelah mas itu selesai mempreteli ponsel yang saya beli dengan hal yang tak berguna, akhirnya saya berkesempatan untuk menggenggam ponsel yang saya beli, dan saya menggunakannya hanya untuk memotret saja, setelah semua beres akhirnya tiba waktunya untuk pulang, nahh selama perjalanan saya menggunakan ponsel Nokia 5800 saya untuk melihat isi galeri (biasanya ponsel baru itu di memori bawaannya banyak gambar dan video yang keren), hihi dan benar saja, saya disuguhkan dengan video musik dan travelling yang memukai, gambar yang halus disertai suara yang memukau (haha kesannya sama halnya saat saya memberi Nokia 5700), nahh sesampai di rumah pun ponsel itu terus saya gunakan untuk memotret, menonton video, memainkan lagu dan memainkan game, nahh tak terasa ternyata udah hampir jam 11, yang awalnya saya melihat baterai masih ada 5 bar pada jam setengah tujuh, pas sudah jam 11 lebih saya mendapati ponsel saya dalam keadaan lowbat, huhu mana khawatir lagi kalau ntar mati lampu, segera deh saya ngecharge ponsel saya, huhu..setelah saya ingat-ingat lagi isu yang biasa dibicarain di forum dan blog bahwa baterai Nokia 5800 cepat habis, saya jadi takut dan saya sempat merasa bahwa hal itu benar, namun ternyata setelah beberapa hari kemudian, daya tahan baterai menjadi lebih lama, entah gimana prosesnya jadi bisa tahan 3 hari (toeettt ~_~’), merasa aneh juga sihh, itu saya menggunakannya secara normal, huhu ternyata daya tahan baterai yang sesungguhnya baru kerasa setelah beberapa hari menggunakan ponsel ini, hihi jadi gak perlu takut dengan isu yang mengatakan bahwa baterai ponsel ini cepat low, bahkan saya pernah membaca di blog lain kalau ponsel miliknya bisa tahan sampai 1 minggu, waww magic bukan? hihi..ada beberapa tips agar baterai ponsel ini dapat lebih hemat, yaitu gunakanlah headset bila ingin menonton video dan mendengarkan lagu, gak usah terlalu sering memainkan game, gunakanlah jaringan internet seperlunya, aturlah cahaya layar ke pengaturan yang paling rendah, matikanlah getar saat menyentuh layar, menurut saya cukup itu saja.

4. Isu bahwa aplikasi pada ponsel ini sedikit, dan aplikasi dari pihak ketiga masih sedikit, nah ini yang perlu dipikirkan baik-baik, mengapa masih sedikit? karena OS Symbian S60 versi 5 ini masih baru, jadi masih sedikit (waktu awal diluncurkan tahun 2008 akhir), nah coba lihat sekarang, sudah begitu banyak aplikasi atraktif dan menawan yang bisa kita jajal pada ponsel ini, dan website yang paling banyak memasuk aplikasi baru adalah website dailymobile, hihi website ini benar-benar canggih, sudah banyak banget aplikasi yang saya dapatkan dari forum website tersebut (di forum untuk mendownload aplikasi yang direview pada halaman websitenya), bahkan saya rasa pihak ketiga lebih tertarik untuk mengembangkan dan membuat aplikasi untuk versi Symbian yang satu ini, hihi bisa dilihat saja dengan banyaknya aplikasi yang beredar di internet, twitter client sudah ada, facebook application juga sudah ada, pokoknya gak rugi deh membeli ponsel dengan OS Symbian yang satu ini, beberapa aplikasi yang wajib untuk dimiliki adalah Nokia Photo Browser, iMelo, Gmail (ini yang saya rekomendasikan), hihi walaupun Mail For Exchange dan Nokia Messaging telah ada, tapi saya masih lebih suka menggunakan Gmail, hihi lagipula karena email saya lebih banyak pada Gmail, disamping itu juga aplikasi Nokia Messaging terkadang Mada (istilah di Pekanbaru/Padang), gak mau mendengarkan dan keras kepala, sering tiba-tiba online sendiri padahal saya gak minta untuk online, disuruh offline masih saja online, wah akhirnya saya menghapus deh aplikasi ini, hihi bye bye, bagi yang suka berpetualangan bisa menggunakan aplikasi Garmin, aplikasi yang keren.

5. Tombol media bar tidak berfungsi, hal ini hanya muncul saat awal ponsel ini dibeli, namun jika masalah ini tidak muncul pada ponsel anda, maka bersyukurlah, hihi karena saat saya pertama membeli terkadang tombol media bar tak berfungsi dan tak mau muncul walaupun saya sudah menekan tombol media bar dengan benar, cara ini dapat diatasi dengan menyalakan ulang ponsel.

6. Isu bahwa kamera tak bagus, nah ini yang perlu pembenaran, selama saya menggunakan sih semua hasilnya baik-baik saja, bahkan ada beberapa foto yang sudah saya masukkan di akun flickr (situs photographer) dan mendapat hasil yang memuaskan, seperti mode makro yang berkualitas, pencahayaan yang bagus dengan Double LED, selama saya menggunakan ponsel ini, saya tidak pernah merasakan isu kamera jelek pada ponsel saya, hihi..sesuai lah untuk ukuran kamera ponsel.. (jangan dibandingkan dengan kamera digital dan DSLR tapinya, hihi)

No comments:

Post a Comment