Breaking

Sunday, September 02, 2012

Makalah Shanghai Volkswagen Corp.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Melihat perkembangan di dunia bisnis yang terus berkembang maka tuntutan akan produk pun semakin beragam dan terus-menerus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Setiap manusia tidak lepas dari berbagai macam kebutuhan dalam hidupnya, mulai dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan tersier manusia merupakan kebutuhan yang hanya bisa dipenuhi dengan mengonsumsi barang mewah atau luks, misalnya dengan mengoleksi mobil mewah. Dunia bisnis saat ini semakin ramai akan produk-produk yang inovatif demikian juga dalam perkembangan bisnis dunia otomotif. Mobil merupakan pasar yang sangat menggiurkan, harganya yang cukup menarik serta peminatnya yang tinggi membuat bisnis dunia otomotif semakin berkembang pesat.

Volkswagen (VW) adalah sebuah pabrikan otomotif berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman. Volkswagen merupakan merk asli dari Volkswagen Group, yang juga membawahi beberapa merk mobil lain seperti Audi, Bentley Motors, Bugatti Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Škoda dan sebuah pabrikan kendaraan komersial Scania. Produk-produk keluaran Volkswagen sangat diminati konsumen dan laku dipasaran. Dari awal berdirinya sejak tahun 1934 hingga saat ini Volkswagen menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Awal berdirinya, Volkswagen hanya fokus pada mobil rakyat berkapasitas 2 sampai 3 orang saja, kemuadian pada saat Perang Dunia II Volkswagen mulai memproduksi kendaraan militer. Dan setelah Perang Dunia II Volkswagen memproduksi sekitar 19 jenis merek mobil hingga pada tahun 1955 Volkswagen mampu memproduksi Beetle Type-1 mencapai 1 juta unit.
Volkswagen memiliki anak perusahaan bernama Volkswagen de Mexico SA de CV (VW Meksiko). VW Meksiko memproduksi beberapa model seperti Jetta, Bora, New Beetle dan Model Golf Variant . VW Meksiko merupakan pabrik yang sangat strategis dan penting bagi Volkswagen Group dan merupakan pabrik yang terbesar kedua di luar Jerman yang memproduksi kendaraan untuk diekspor ke lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Selain VW Meksiko, Volkswagen juga membuka pabriknya di Shanghai. Shanghai Volkswagen Automotive Co, merupakan perusahaan patungan antara Volkswagen AG dan SAIC Motor Corp. Perusahaan tersebut akan segera membangun sebuah mobil elektrik di China. Menurut Kementerian Industri dan Teknologi Informasi, produk tersebut akan dijual dengan brand baru bernama Tantus, dan bukan brand VW. Keadaan tersebut menggambarkan begitu pesatnya perkembangan Volkswagen dikalangan global.













1.2 Perumusan Masalah
1. Bagaimana strategi pengembangan pemasok pada perusahaan VW dan Pelton ?
2. Bagaimana mengatur hubungan pemasok dan konsumen pada perusahaan Volkswagen dan
Pelton ?
3. Bagaimana konsep lokasi, supply chain management pada VW dan Pelton?









































BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 STRATEGI OPERASI
Pada umumnya perusahaan yang bergerak di sektor barang maupun sektor jasa menginginkan perusahaan untuk dapat mencapai tujuan nya secara efektif dan efisien sehingga membutuhkan strategi yang akan diimplementasikan. Strategi operasi adalah suatu fungsi yang menetapkan keseluruhan arah atau daya dorong untuk mengambil keputusan. Visi ini harus diintegrasikan dengan strategi bisnis, dan seringkali,tetapi tidak selalu direfleksikan dalam perencanaan formal. Strategi operasi seharusnya menghasilkan suatu pola pengambilan keputusan operasi yang konsisten dan suatu keunggulan bersaing bagi perusahaan.
Analisis Eksternal meliputi analisa mengenai kebutuhan konsumen, teknologi baru, perubahan sosial, perubahan ekonomi, persaingan, perubahan undang-undang, peruban politik dan factor lainnya di luar perusahaan yang berdamapak terhadap perusahaan secara langsung maupun tidak langsung.
Analisis Internal meliputi analisa tentang berbagai input yang digunakan perusahaan seperti bahan baku, overhead, tenaga kerja, manajemen serta kondisi di dalam perusahaan yang bersangkutan.
2.2 STRATEGI OPERASI DALAM LINGKUNGAN GLOBAL
Dalam situasi dan kondisi yang terus berkembang, maka banyak perusahaan membuat keputusan untuk menegmbangkan bisnis ke dunia internasional. Ada berbagai alasan kuat yang mendasari perusahaan menjadi global, diantaranya adalah sebagia berikut :
1. Efisiensi Biaya
Banyak cara yang telah dilakukan oleh perusahaan yang beroperasi secara internasional untuk dapat mengurangi berbagai biaya antara lain dengan:
a) Pemilihan lokasi yang menyediakan biaya tenaga kerja rendah.
b) Pemanfaatan adanya kesepakatan perdagangan yang berdampak pada

2. Perbaikan Manajemen Rantai Pasokan
Dengan menempatkan fasilitas di negara dimana sumber daya tertentu berada maka pengelolaan manajemen rantai pasokan dapat lebih terjamin.
3. Pemberian produk yang lebih baik
Karena karakteristik produk yang diinginkan konsumen sangat bervariasi dan ditentukan oleh masing-masing lokasi maka banyak perusahaan yang beroperasi secara internasional menempatkan diri di negara dimana produknya dipasarkan misalnya disesuaikan dengan budaya yang berlaku .
4. Menarik pasar Baru
Perusahaan yang wilayah pemasarannya di dalam negeri sudah terbatas maka dapat memanfaatkan pasar luar negeri yang masih terbuka.
5. Belajar untuk beroperasi yang lebih baik
Banyak perusahaan melakukan kerjasama dengan perusahaan lain dari negara lain untuk alih teknologi, mengadakan riset bersama ataupun kerjasama dalam desain serta kegiatan operasional lainnya.
6. Bisa mendapatkan dan mempertahankan bakat global
Perusahaan yang memiliki karyawan yang baik, dapat memberikan kesempatan karir yang lebih baik dengan cara beroperasi secara global sehingga dapat memper tahankan karyawan .
2.2.1 Supply Chain Management
Menurut Heizer dan Render (2000, p434) manajemen rantai pasokan (supply chain management) adalah pengintegrasian aktivitas pengadaan bahan dan pelayanan, pengubahan menjadi barang setengah jadi dan produk akhir, serta pengiriman ke pelanggan.
2.2.1.1 Tujuan Supply Chain Management
Menurut Heizer dan Render (2000, p435) tujuan supply chain management adalah untuk membangun sebuah rantai yang terdiri dari para pemasok yang memusatkan perhatian untuk memaksimalkan nilai bagi pelanggan. Manajemen rantai pasokan mencakup aktivitas untuk menentukan:
1) Transportasi ke vendor.
2) Pemindahan uang secara kredit dan tunai.
3) Para pemasok.
4) Bank dan distributor.
5) Utang dan piutang usaha.
6) Pergudangan dan tingkat persediaan.
7) Pemenuhan pesanan.
8) Berbagi informasi pelanggan, prediksi, dan produksi.
2.2.1.2 Strategi Supply Chain
Strategi supply chain menurut Heizer dan Render (2000, p438) :
1) Banyak pemasok (many supplier).
Dengan strategi banyak pemasok (many supplier), pemasok menanggapi permintaan dan spesifikasi “permintaan dan penawaran”, (request for quotation), dengan pesanan yang pada umumnya akan jatuh ke pihak yang memberikan penawaran terendah.
2) Sedikit pemasok (few supplier).
Strategi yang memiliki sedikit pemasok (few supplier) mengimplikasikan bahwa daripada mencari atribut jangka pendek, seperti biaya rendah, pembeli lebih ingin menjalin hubungan jangka panjang dengan beberapa pemasok yang setia.
3) Integrasi vertikal (vertical integration).
Integrasi vertikal (vertical integration) berarti mengembangkan kemampuan untuk memproduksi barang atau jasa yang sebelumnya dibeli atau membeli perusahaan pemasok atau distributor.
4) Jaringan Keiretsu (Keiretsu networks).
Keiretsu adalah sebuah istilah bahasa Jepang untuk menggambarkan para pemasok yang menjadi bagian dari sebuah perusahaan.
5) Perusahaan virtual (virtual company).
Perusahaan virtual (virtual company) adalah perusahaan yang mengandalkan beragam hubungan pemasok untuk menyediakan jasa atas permintaan yang diinginkan. Juga dikenal sebagai korporasi berongga atau perusahaan jaringan.
2.2.2 Strategi Lokasi
Penentuan lokasi pabrik sangat menentukan kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang. Pemilihan lokasi berarti menghindari sebanyak mungkin seluruh segi-segi negatif dan mendapatkan lokasi dengan paling banyak faktor-faktor positif.
Penentuan lokasi yang tepat akan meminimumkan beban biaya (investasi dan operasional) jangka pendek ataupun jangka panjang, dan ini akan meningkatkan daya saing perusahaan. Letak geografis suatu pabrik mempunyai pengaruh terhadap sistem produksi yang ekonomis, karena banyak faktor-faktor yang memengaruhi letak fasilitas/mesin-mesin dalam pabrik, dan yang lebih penting lagi karena lokasi tersebut akan memengaruhi besarnya biaya operasi ataupun biaya kapital.
Faktor yang mempengaruhi Keputusan Lokasi:
1 Produktivitas Tenaga Kerja
2 Nilai Tukar
3 Biaya
4 Sikap
5 Kedekatan dengan Pasar
6 Kedekatan dengan Pemasok
7 Kedekatan dengan Pesaing (Clustering)
Sedangkan untuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan lokasi yaitu:
1. Biaya tenaga kerja (termasuk upah, serikat pekerja, produktivitas)
2. Ketersediaan tenaga kerja (termasuk sikap, usia, distribusi, dan keterampilan)
3. Kedekatan dengan bahan baku dan pemasok
4. Kedekatan dengan pasar
5. Negara dan pemerintah daerah kebijakan fiskal (termasuk insentif, pajak, kompensasi pengangguran)
6. Utilitas (termasuk gas, listrik, air, dan biaya mereka)
Faktor-faktor lain (faktor sekunder) yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi:
1. Situs biaya (termasuk tanah, ekspansi, drainase parkir,)
2. Transportasi ketersediaan (termasuk kereta api, udara, air, dan jalan antar negara bagian)
3. Kualitas-hidup masalah (termasuk semua tingkat pendidikan, biaya hidup, kesehatan, olahraga, kegiatan budaya, transportasi, perumahan, hiburan, fasilitas keagamaan.
4. Devisa Termasuk tarif dan stabilitas
5. Kualitas pemerintah (termasuk stabilitas, kejujuran, sikap terhadap bisnis baru - baik di luar negeri atau lokal)
Perangkap Dalam Pemilihan Lokasi
1. Lokasi sulit mendapatkan tenaga kerja .
2. Lokasi dengan harga tanah murah, tetapi kondisinya jelek sehingga perlu biaya mahal untuk membuat pondasi.
3. Lokasi diluar kota dengan harga murah, tetapi fasilitas prasarana jalan dan saran transportasi belum dibangun.
4. Lokasi di sekitar pemukiman dan sulit membuang limbah.
Tahap Pemlihan Lokasi Pabrik
1. Melihat kemungkinan beberapa alternatif daerah yang akan dipilih
2. Melihat pengalaman orang lain dan pengalaman sendiri untuk menentukan lokasi pabrik.
3. Mempertimbangkan dan menilai alternatif pilihan yang menguntungkan.
4. Pemilihan Berbagai Alternatif Lokasi
2.2.2.1 Analisa Lokasi Fasilitas Global
Menggunakan faktor kunci sukses untuk memilih negara, diantaranya dengan mempertimbangkan tingkat ekonomi nasional, tingkat inovasi, jumlah penduduk yang trampil, tingkat perubahan teknologi, stabilitas pemerintahan, pertanggung jawaban produk, pembatasan ekspor, kesamaan bahasa, etika kerja, tingkat pajak, inflasi, ketersediaan bahan baku, tingkat bunga, jumlah penduduk dan ketersediaan sarana jalan.








































BAB III
PEMBAHASAN
3.1 PROFIL PERUSAHAAN
3.1.1 Sejarah dan Perkembangan Perusahaan
Volkswagen (VW) merupakan pabrikan otomotif berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman. Volkswagen didirikan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront) pada tahun 1937. Volkswagen merupakan merk asli dari Volkswagen Group, yang juga membawahi beberapa merk mobil lain seperti Bugatti Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Audi , Bentley Motors, Skoda dan sebuah pabrikan kendaraan komersial Scania.Pada tahun 2009, Supervisory Board dari Volkswagen AG mengesahkan pendirian grup otomotif yang terintegrasi dengan Porsche di bawah naungan Volkswagen. Nama Volkswagen sendiri dalam bahasa Jerman memiliki arti "mobil rakyat". Tagline Volkswagen saat ini adalah Das Auto (dalam bahasa Inggris The Car). Moto sebelumnya adalah Aus Liebe zum Automobil (Kecintaan kepada Mobil).
3.1.1.1 Latar Belakang Munculnya Volkswagen
Pada awal 1930 pabrikan otomotif Jerman masih banyak terdiri dari pabrikan mobil mewah, karena rata-rata penduduk Jerman tidak bisa membeli lebih dari sebuah motor. Dengan melihat pasar potensial yang ada, beberapa pabrikan membuat projek independen untuk “mobil rakyat” seperti Adler AutoBahn, Mercedes' 170H, Hanomag 1.3L, Steyr 55 dan lainnya. Sampai pada tahun 1933, banyak dari projek tersebut masih dalam pengembangan atau pada tahap produksi awal. Adolf Hitler menyatakan akan membuat sebuah “mobil rakyat”. Hitler menginginkan sebuah mobil standar berkapasitas 2 dewasa dan 3 anak dan berkecepatan 100 km/jam (62 mil/jam). Pada waktu itu, Insinyur yang terpilih untuk mengembangkan projek mobil ini adalah Ferdinand Porsche. Porsche adalah seorang desainer Mercedes 170H dan juga pernah bekerja pada Steyr untuk beberapa saat akhir 1920an.Pada tanggal 22 Juni 1934, Dr. Ferdinand Porsche setuju untuk membuatkan mobil rakyat tersebut untuk Hitler sehingga didirikanlah pabrik mobil yang bernama Volkswagen.
3.1.1.2 Produksi Awal Volkswagen
Pada tahun 1936 muncul prototipe dengan nama “KdF-Wagen”. Dimana mesinnya sudah dilengkapi dengan pendingin udara, 4 silinder, dan terletak di belakang. Dengan sebuah nama perusahaan Gesellschaft zur Vorbereitung des Deutschen Volkswagens mbH pada 28 Mei 1937. Pada tanggal 16 September 1938 nama perusahaan tersebut diganti menjadi "Volkswagenwerk GmbH". Bangunan pabriknya sendiri dimulai 26 Mei 1938 di kota bernama KdF-Stadt (Wolfsburg). Namun pabrik ini hanya mampu memproduksi mobil sedikit karena terjadi Perang Dunia II pada tahun 1939. Salah satu produksi VW yang dipersembahkan pada Hitler di hari ulang tahunnya, dengan Type 1 Cabriolet digunakan untuk memproduksi kendaraan militer. Namun, pada pertengahan perang, kota KdF-Stadt beserta pabriknya di bom hingga rusak berat.



3.1.1.3 VW Setelah Berakhirnya Perang Dunia II
Setelah berakhirnya Perang Dunia II, pabrik VW kembali dibangun. Sampai pada tahun 1946 produksinya sudah mencapai 1000 unit per bulannya. Yang pada waktu itu, pabrik VW ada di bawah naungan Inggris. Setelah itu pada tahun 1948, pabrik VW diserahkan pada Jerman,yang menjadikan roda penggerak ekonomi utama bagi Jerman Barat. Dengan hasil produksi Volkswagen Beetle Type-1 mencapai 1 juta unit .
3.1.1.4 Produk Volkswagen
Ø Caddy Life
Ø Eos
Ø Fox
Ø Golf Mk6
Ø Golf Plus
Ø Golf Variant
Ø Jetta Mk5
Ø Multivan
Ø New Beetle
Ø New Beetle Convertible
Ø Passat Mk6
Ø Passat CC
Ø Phaeton
Ø Polo Mk5
Ø Scirocco
Ø Sharan
Ø Touran
Ø Tiguan
Ø Touareg

3.1.2 SHANGHAI VOLKSWAGEN
Shanghai Volkswagen Automotive Co, Ltd (SVW) terletak di Anting International Auto,Kota di barat laut kota Shanghai, Shanghai Volkswagen menempati lahan seluas 3.330.000 m2, dengan luas bangunan 900.000 m2. Saat ini perusahaan memiliki produk yang terdiri dari enam seri dari mobil penumpang Santana, Santana 3000, Polo, Passat, serta VW Touran Golf. Shanghai Volkswagen merupakan salah satu pabrik mobil terbesar di China yang memilki kapasitas produksi lebih dari 450.000 unit per tahun.Shanghai Volkswagen didirikan pada Maret 1985, SVW adalah perusahaan pertama yang mencoba untuk mebuat mobil dengan mengekspornya pada dunia luar.
a) Pengelolaan Operasi
Shanghai Volkswagen membentuk tata letak produksi pada pengelolaan operasi dari empat daerah produksi utama, yaitu Pabrik Mobil 1, Mobil Plant 2, 3 Pabrik Mobil dan Engine Plant, serta pusat teknis. Perusahaan ini menawarkan banyak fasilitas manufaktur kelas dunia dan teknik, yaitu jalur perakitan modular dan laser, peralatan inspeksi online yang memastikan produk berkualitas tinggi, Pada tahun 1995, Shanghai Volkswagen menjadi produsen mobil pertama di Cina yang memperoleh penghargaan ISO 9001. Kemudian ditahun 2001, Shanghai Volkswagen membuat Pengendalian Mutu , dimana pengukuran mutu dilakukan secara modern dengan menggunakn sistem digital. Saat ini Shanghai Volkswagen telah melakukan investasi sebesar 2 miliar Yuan di fasilitas perangkat keras pada beberapa tahun terakhir. Fasilitas ini merupakan fasilitas canggih untuk sebuah pengembangan independen dari badan mobil dan mesin yang disesuaikan dengan sistem kelistrikan dan chassis. Dimana kontrol kualitas diinstal dengan peralatan tingkat dunia untuk pengujian logam, non-logam dan kelistrikan.Sehingga pada tahun 2003,Shanghai Volkswagen mampu memproduksi mobil bernama Vw Polo, hingga diekspor ke Australia, sedangkan di tahun 2004 Shanghai Volkswagen berhasil memproduksi Vw Santana, yang merupakan produk Shanghai Volkswagen yang paling laris sampai saat ini. Hal ini dikarenakan VW Santana dibuat dengan pengembangan yang luar biasa karena didasarkan pada pola konsumsi negara berkembang.
b) Kemitraan
Shanghai Volkswagen berkerjasama pada lintas budaya dan teknologi antara antaraa Jerman dengan Cina yang sangat sukses. Shanghai Volkswagen adalah produsen mobil pertama yang menerima "Penghargaan Manajemen Mutu Nasional" yang dikeluarkan oleh China Quality Management Association . Shanghai Volkswagen telah berhasil memproduksi 3 juta mobil yang menjadikan perusahaan ini menjadi produsen mobil pertama di Cina yang mampu mewujudkan output total sebanyak 3 juta mobil. Pada tahun 2001 Shanghai Volkswagen meluncurkan kembali mobil ciptaannya serta melaksanakan proyek Customer Relationship Management (CRM) sehingga menjadikan Shanghai Volkswagen ini dalam lima tahun terakhir terpilih sebagai pemenang Best Enterprise Implementasi CRM dalam industri pembuatan mobil Cina. Pada tahun 2005, Shanghai Volkswagen memperkenalkan kembali layanan baru berjudul "Techcare", yaitu layanan yang menggabungkan pembelian kendaraan, pemeliharaan, penggantian serta dekorasi ke dalam pelayanan secara keseluruhan, sehingga customer dapat menikmati layanan ekstra dari perusahaan.Program unggulan produk ini memberikan pelayanan penjualan professional dan sistematis,transparan dan terpercaya. Dalam bidang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau CSR .Selain menyediakan konsumen produk kelas satu, bagi konsumen Shanghai Volkswagen juga berkomitmen untuk meminimalkan dampak lingkungn yang dihasilkan dari produk mereka.dan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.Yang menjadikan Shanghai Volkswagen memperoleh Manajemen Lingkungan ISO14001 Sertifikat Otentikasi pada tahun 1997. Shanghai Volkswagen mempunyai orientasi untuk fokus dalam memproduksi mobil yang ramah lingkungan dan memberikan kenyamanan serta keselamatan sehingga semua mobil buatan Shanghai Volkswagen telah memenuhi peraturan emisi gas buang euro 2. Selain itu Shanghai Volkswagen juga memiliki andil dalam kegiatan budaya dan olahraga. Dimana dalam kegiatan ini Shanghai Volkswagen menyumbangkan 160 juta yuan untuk mensponsori kegiatan amal, budaya dan pendidikan, kesehatan masyarakat, olahraga, dll, sehingga Shanghai Volkswagen memperoleh penilaian yang sangat baik pada masyarakat Cina.
3.1.3 VW DE MEKSIKO
Volkswagen de Mexico SA de CV, merupakan anak perusahaan dari Volkswagen yang didirikan pada tahun 1964 di pinggiran Puebla. Pabrik Volkswagen ini adalah perusahaan terbesar di Meksiko. Volkswagen de Mexico SA de CV memproduksi beberapa model seperti, Bora, Jetta, New Beetle dan Model Golf Variant. Pabrik ini sangat strategis dan penting bagi Volkswagen Group dan merupakan pabrik yang terbesar kedua di luar Jerman yang memproduksi kendaraan untuk diekspor ke lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Sejak tahun 2000 produksi VW Meksiko berkurang, dikarenakan rendahnya penjualan di AS. Akan tetapi pada tahun 2007 pabrik ini mampu produksi kembali bahkan mengalami peningkatan sampai 411,000 kendaraan. Bahkan di tahun 2008 VW Meksiko mampu memproduksi sebanyak satu juta New Beetle. Hal ini menjadikan VW Meksiko menjadi produsen mobil nomor empat di pasar Meksiko setelah General Motors, Nissan dan Ford Motor Company. Serta perusahaan ini mampu meraih pangsa pasar sebesar 18, 2% di pasar Meksiko. Pada akhir tahun 2008 volume perakitan mencapai 450,802 unit. Dimana sebesar 378,288 unit ditujukan untuk pasar ekspor; sebanyak 152,562 unit dikirim ke Eropa sebanyak 156, 032 unit dikirim ke AS dan Kanada , sekitar 48,726 unit ke Amerika Selatan dan 20,968 unit untuk pasar Asia. Sedangkan sisanya 72,514 unit dijual untuk pasar domestik Meksiko.
3.1.4 Hubungan konsumen dan pemasok Volkswagen
Volkswagen telah mengatur sedemikian runtutnya dalam menciptakan hubungan antara pemasok dan konsumennya. Sebagai contohnya adalah VW Meksiko mengirimkan mobil dan suku cadangnya untuk dirakit di Nigeria, dan mengirimkan hasil rakitan ke Brazil, sementara VW Meksiko sendiri menerima suku cadang hasil rakitan dari kantor pusat di Jerman.


3.2 STUDI KASUS
1. Keputusan VW untuk mengkonsolidasikan produksi untuk Amerika Utara di Meksiko
Para pembuat mobil meresmikan perluasan dari pabriknya di Puebla, Meksiko, yang bertujuan untuk meningkatkan produksi tahunan untuk Amerika Utara dengan lebih dari 100.000 kendaraan menjadi sekitar 430.000 . Volkswagen akan menggunakan pabrik Puebla, untuk menghasilkan mobil “peringatan dua abad” untuk memperingati 200 tahun kemerdekaan Meksiko dari Spanyol tahun ini, bersama dengan model lainnya. Pabrik Puebla memiliki sekitar 9.500 pekerja dan memproduksi 1.600 kendaraan per hari. Volkswagen mengalihkan produksinya ke Amerika Utara dan telah membangun pabrik baru di Chattanooga, Tennessee. Perusahaan menjual 3,5 juta kendaraan pada semester pertama 2010, 15 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu. Karena letaknya sangat strategis dan penting bagi volkswagen group dan dianggap akan menjadi pabrik yang terbesar walaupun kalah besar dengan pabrik di Jerman, kalau menurut pendapat kelompok kami bahwa adanya atau pembangunan pabrik di Puebla akan mendukung pembuatan produksi dan bisa meningkatkan produk tersebut walaupun terjadi pasang surut penjualan tetapi adanya konsolidasi lebih banyak meningkatkan produksi dan penjualan yang tinggi sehingga pabrik di Puebla menjadi nomor 2 terbesar setelah di Shanghai, kami sangat setuju sekali adanya konsilidasi pabrik di Puebla disamping bisa meningkatkan produksi juga bisa membuka lapangan pekerjaan, pada kesimpulanya adanya konsilidasi tersebut produksi dan penjualanya sangat meningkat dan bisa membuka lapangan pekerjaan. Terlebih Negara pauble merupakan Negara sangat sangat strategis serta masih termasuk Negara berkembang. Yang mana pada dasarnya Negara berkembang tersebut masih sangat membutuhkan konsumsi alat transportasi yang memadai serta berkualitas yang sesuai dengan standart dari Negara tersebut. Terlebih pada kependudukan yang ada di negara puebla mempunyai kepadatan yang sangat besar.
2. Tantangan baru dalam perdagangan bebas yaitu NAFTA dan cara mengahadapi NAFTA
NAFTA merupakan suatu area perdagangan bebas di Amerika Utara yang beranggotakan negara Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Kesepakatan Free trade itu merupakan area perdagangan yang menyatukan daerah kepabeanan, dimana bea dan hambatan perdagangan dihilangkan. Namun bagian terbesar pengaturan NAFTA adalah penurunan tarif, rules of origin (ketentuan asal barang) dan peraturan kepabeanan. Tujuan utama NAFTA adalah menciptakan perdagangan bebas sesama anggota NAFTA, dengan menghilangkan hambatan perdagangan. Hambatan perdagangan itu bisa berupa hambatan tarif dan hambatan non tarif.
Untuk memanfaatkan hal ini maka VW membangun pabrik baru di Meksiko dalam rangka efisiensi. Dengan memproduksi mobil di Meksiko,VW bisa memberikan harga jual yang lebih murah di Meksiko,Kanada dan Amerika Serikat sebagai target pasar utamanya jika dibandingkan dengan Impor dari Jerman atau negara lainya. Ini disebabkan adanya penurunan tarif yang diterima karena barang berasal dari Meksiko sehingga produk VW akan bisa lebih bersaing dengan Toyota dan General Motors.
NAFTA dapat mengubah dinamika kompetitif Industri karena perusahaan yang membangun pabrik dan memproduksi barang di negara anggota NAFTA akan menikmati efisiensi jika menjual produknya di negara anggota NAFTA. Dengan adanya efisiensi ini maka akan menciptakan iklim persaingan baru diantara para produsen.
3. Usaha yang dilakukan VW dalam menghadapi tantangan NAFTA
v VW menambah investasi hingga US$ 1 milyar atau sekitar Rp 10 trilyun untuk meningkatkan kapasitas produksi dan penelitian hingga pengembangan produk-produk Volkwagen di daerah Amerika Utara.
v Volkswagen melakukan investasi sebesar 550 juta dolar di sebuah pabrik baru di Meksiko guna membantu raksasa mobil Jerman tersebut memperkuat posisinya di pasar Amerika Utara.


4.Usaha VW mengatasi masalah perburuhan
Dilakukan dengan cara melakukan beberapa pelatihan kepada para karyawan seperti pelatihan mengoperasikan robot,pelatihan bahasa Jerman untuk karyawan yang berasal dari Meksiko,pelatihan bahasa Spanyol untuk karyawan yang berasal dari Jerman dan palatihan bahasa Inggris untuk semua karyawan. Ini bertujuan untuk meminimalisir konflik yang terjadi akibat dari kesulitan berkomunikasi. Secara lebih lanjut ini bertujuan untuk menjaga kualitas produksi agar setara dengan VW Jerman.
5. Pengembangan usaha patungan antara VW dengan Sanghai
Dalam 20 tahun terakhir, SVW terus mengumpulkan modal sendiri dan mengembangkan usaha. SVW's success has greatly promoted the growth of the Chinese car-making industry. Keberhasilan SVW telah sangat membantu pertumbuhan industri mobil Cina. While expanding its production scale, SVW started the Santana localization endeavor to revitalize the Chinese parts supply industry. dengan memperluas skala produksinya, SVW memulai melokalisasi dan merevitalisasi industri komponen pasokan dari Cina. This grand trans-regional, inter-departmental, cross-industry and systematic project has helped a large number of local parts suppliers achieve their technical advancement, thus laying a solid foundation for manufacturing parts and components up to the international standard. Proyek sistematis ini telah membantu sejumlah besar pemasok lokal Cina mencapai banyak kemajuan, sehingga bisa meletakkan dasar yang kuat untuk bagian manufaktur dan komponen dengan standar internasional. Now over 400 domestic suppliers are able to supply SVW with locally made parts. Sekarang lebih dari 400 pemasok dalam negeri mampu menyediakan kebutuhan bagi SVW dengan komponen buatan lokal. SVW-accepted parts makers are now accepted by other carmakers as their parts suppliers, and some of them have become suppliers for global sourcing manufacturers.beberapa dari merekapun bersama SVW telah menjadi pemasok untuk produsen sourcing global. Melalui Program kerjasama proyek, SVW telah membangun sebuah tim pengembangan produk yang efisien yang terdiri dari karyawan denagn kualifikasi tinggi. From introduction, assimilation and absorption of overseas technology to the joint product development, SVW has now entered the constructive period of independent vehicle development. Tim ini mempunyai tugas untuk mengimplementasi prose pengenalan, asimilasi dan penyerapan teknologi luar negeri untuk pengembangan produk bersama, SVW kini telah memasuki masa konstruktif pembangunan kendaraan independen. Sebagai produsen mobil, SVW memiliki populasi mobil terbesar di Cina dan mempunyai jaringan layanan yang telah berkembang di seluruh negeri. As a result of 20 years' development, SVW now has over 1,000 4-S dealers and authorized stations that cover more than 70% of prefectural cities in the whole country. Sebagai hasil dari pengembangan 20 tahun, SVW sekarang memiliki lebih dari 1.000 dealer resmi yang mencakup lebih dari 70% dari kota-kota prefektur di seluruh Cina. SVW now boasts the most extensive passenger car after service network in China, which extends from the southernmost Sanya to the northernmost Mohe, and from Jiamusi in the east and to Kashgar in the west.SVW sekarang mempunyai jaringan yang paling luas di Cina, yang membentang dari selatan ke Sanya Mohe utara, dan dari Jiamusi di timur ke barat Kashgar.
6. Persaingan Volkwagen dengan BMW
Volkswagen AG terus mengudak Bayerische Motoren Werke AG (BMW) dalam peta persaingan mobil premium. Setelah sukses mencaplok Ducati, Audi - merek premium dari kelompok VW - berniat membangun pabrik baru di Meksiko dengan target mula berproduksi pada 2016. Menurut sumber yang mengetahui rencana ini dan dilansir Bloomberg (18/4/2012), dengan memiliki pabrik perakitan di Meksiko, Audi berpotensi mengembangkan pasarnya di Amerika Latin dan Amerika Serikat. Pasalnya, sampai kini Audi baru bisa menikmati setengah volume penjualan BMW dan Mercedes-Benz di AS. Jadi, ambisi utama adalah mengejar ketertinggalan di AS dengan target penjualan 200.000 unit pada 2018. Tahun lalu (2011) hanya Audi hanya menjual 117.600 unit di negara Paman Sam tersebut Walter Hanek, Corporate Director Audi Meksiko mengatakan, VW mau punya pabrik baru untuk Amerika Utara, tanpa menyebutkan negara pastinya. "Dengan perkembangan yang dialami Audi saat ini, dibutuhkan fasilitas produksi baru," ujar Hanek di Puerto Vallarta, Meksiko, kemarin. Hanek tak mau membocorkan lebih detil rencana ini. "Meksiko punya reputasi sangat bagus memproduksi dan mengekspor kendaraan," tutup Hanek. Keputusan Audi hadir di Meksiko diambil berselang setahun setelah VW membuka pabrik baru di Tennesse, AS untuk bersaing dengan General Motors. Sementara itu, BMW punya perakitan di Carolina Selatan dan Mercedes-Benz di Alabama. Semua itu dilakukan VW untuk mengejarkan menjadi nomor satu pada 2018.

• Kelebihan mobil eropa:
1. nyaman
2. aman (tingkat keselamatannya tinggi)
3. consummable part-nya lebih murah dan andal (kopling set, rem, dll)
• Kelemahan:
1. aksesorisnya mahal
2. harga bekasnya anjlok (makanya mending beli yg bekas)
3. menurut orang boros, menurutku tidak, BMW menyediakan ‘fuel economizer’ display, hemat tidak tergantung kecerdasan pengemudi
4. tidak cocok utk orang yg ‘jorok’ dan tidak perhatian.























BAB IV
KESIMPULAN

PERUSAHAAN MULTINASIONAL
Volkswagen merupakan perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional (MNC) adalah sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat di satu negara tetapi kantor cabang di berbagai negara maju dan berkembang. Contohnya termasuk General Motors, Coca-Cola, Firestone, Philips, Volkswagen, British Petroleum, Exxon, dan ITT. Sebuah perusahaan akan menjadi perusahaan multinasional berdasarkan keuntungan untuk mendirikan produksi dan kegiatan lainnya di lokasi asing.
Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka, dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung. Menjaga kegiatan asing dalam struktur perusahaan memungkinkan perusahaan menghindari biaya yang melekat oleh perantara, dengan entitas yang terpisah sambil memanfaatkan pengetahuan perusahaan mereka sendiri. Volkwagen telah mengenal hubungan-hubungan yang melintasi kedaulatan negara yakni munculnya organisasi multinational corporation. Volkwagen keluar dari batas wilayah negaranya dalam melaksanakan aktivitas bisnisnya disebut Multinational Corporation. Perusahan-perusahan yang ada melaksanakan aktivitas bisnisnya di banyak negara (multinasional). Volkwagwn berpusat pada suatu negara dalam mengkoordinasi manajemen bisnis globalnya. Biasanya suatu perusahaan memiliki banyak perusahaan cabang di banyak negara
Volkwagen memiliki pengaruh besar dalam perekonomian global. Volkwagen terus berkembang seiring perekonomian dunia yang semakin hari terus berkembang. Saat ini seiring perkembangan tersebut negara yang berperan besar sebagai aktor utama dalam perkembangan jaman dalam perdagangan internasional.Salah satu aktor (selain negara) yang memiliki pengaruh besar dalam melakukan perdagangan internasional adalah Multinational Corporation (MNC). Perusahaan yang beroperasi pada paling tidak dua negara penerima (host country) yang dihubungkan melalui sebuah perusahaan induk dengan ikatan kepemilikan yang sama. MNC yang beroperasi di negara lain (host country) disebut sebagai subsi diary, sementara MNC yang beroperasi di negara asalnya disebut perusahaan induk.
Sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat di satu negara tetapi kantor cabang di berbagai negara maju dan berkembang. Sebuah perusahaan akan menjadi perusahaan multinasional berdasarkan keuntungan untuk mendirikan produksi dan kegiatan lainnya di lokasi asing. Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka, dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung.










DAFTAR PUSTAKA

Render, Bary dan Heizer, The Economic, Ltd. New York Times.
http://thesis.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/Bab%202_09-138.pdf
http://syaifulsaehu.blogspot.com/2009/08/strategi-lokasi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Volkswagen
http://krisiliaokta.blogspot.com/
http://wahyu-vwmeksiko.blogspot.com/2011/06/vw-meksiko.html
http://mog-ra1991ma.blogspot.com/2011/07/volkswagen.html
http://otomotif.kompas.com/read/2012/04/19/1819/VW.Mengudak.BMW.dan.Mercedes-Benz
http://id.shvoong.com/social-sciences/anthropology/2099367-pengertian-
http://eriksahusilawane.wordpress.com/2009/12/10/kelemahan-dan-kelebihan-bmw/
http://id.shvoong.com/social-sciences/anthropology/2099367-pengertian-multinational-corporation-mnc-perusahaan/
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.streetdirectory.com/travel_guide/51930/car_focus/malaysian_government_wants_volkswagen_for_proton.html


yang lain susun sendiri ya :D

1 comment:

  1. If sοmе οne dеsires to be updated ωith most uρ-tο-date tеchnolοgiеѕ аfter that he must be pay a quick visіt this ωеb site аnd bе up to date dаily.



    Feel free to ѕurf to mу page ... advertiser for auto dealer websites
    Stop by my webpage seo web design, automotive seo company, ppc management for auto dealerships, ppc management automotive, car dealer pay per click, car dealer seo company, advertiser for auto dealer websites

    ReplyDelete