Breaking

Friday, March 22, 2013

Makna Kata - Tugas Bahasa Indonesia



GAGASAN UTAMA
  • Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Keberadaan gagasan utama tersebut dapat dinyatakan secara eksplisit atau implisit. Gagasan utama yang eksplisit dijumpai dalam jenis paragraf deduktif, induktif, atau paragraf campuran. Dalam jenis paragraf ini, gagasan utama diwakilkan pada sebuah kalimat utama yang letaknya bisa di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir paragraf. Sementara itu gagasan utama yang implisit umumnya dijumpai dalam paragraf deskriptif dan naratif. Dalam jenis paragraf ini, gagasan utama tersebut pada seluruh kalimat dalam paragraf itu. 
  • Ciri gagasan utama, kalimat-kalimat yang terdapat dalam suatu paragraf hanya terfokus pada isi dari topik paragraf. Kalimat utamanya pun tersebar pun mendominasi paragraf 


KALIMAT UTAMA
Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas. Nama lain untuk kalimat utama adalah kalimat topik.
Kalimat penjelas yaitu kalimat yang menjelaskan kalimat utama.

KALIMAT FAKTA
Kalimat fakta yaitu kalimat yang di dalamnya berisikan hal-hal yang bersifat pasti atau tidak meragukan, dan sudah atau sedang terjadi.

Contoh:
Lima orang siswa SMA Pandan Wangi mendapatkan beasiswa S-1 di Universitas Indonesia.

KALIMAT OPINI
Kalimat opini yaitu kalimat yang di dalamnya mengandung opini tertentu. Opini dalam konteks ini yaitu informasi yang belum terjadi, informasi berupa pemikiran atau analisis, atau pun informasi berupa saran atau solusi.

Contoh:
Untuk meningkatkan mutu lulusan, SMA Pandan Wangi akan memberikan beasiswa S-1 di Universitas Indonesia kepada lima siswa yang menjadi lulusan terbaik.




GRAFIK
Grafik sering juga disebut sebagai diagram, bagan, mauoun chart. Pada dasarnya grafik berfungsi memberikan penjelasan kepada para pembaca grafik atau orang yang membutuhkan data. Grafik itu sendiri bisa memudahkan pembaca untuk mengetahui dan membaca data tanpa menggunakan kata - kata yang bertele-tele karena grafik menyajikan data dam bentuk angka dalam sebuah lembar kerja dalam bentuk visualisasi grafik.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi grafik:

# NANI DARMAYANTI
Grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaan yang dilukiskan dengan garis atau gambar.

# KARL E. CASE
Grafik adalah penyajian  dua dimensi dari suatu kelompok angka atau data

# MURRAY R. SPIEGEL & LARRY J. STEPHENS
Grafik merupakan tampilan gambar dari hubungan di antara variabel - variable

DENAH
Denah adalah pemetaan obyek nyata ke dalam obyek 2D atau 3D terkait dengan sudut pandang visual. tampak (gambar yang menunjukan letak kota, jalan atau peta).
BAGAN
bagan adalah gambaran/sketsa buram untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Data maupun informasi yang ingin disampaikan direalisasikan melalui  gambar. Bagan ada yang berbentuk diagram mempunyai bentuk yang beragam, antara lain: lingkaran, garis, pohon, dan batang.

TABEL
Tabel adalah kumpulan data yang disusun berdasarkan baris dan kolom. Baris dan kolom ini berfungsi untuk menunjukkan data terkait keduanya. Dimana titik temu antara baris dan kolom adalah data yang dimaksud.
MAJAS ATAU GAYA BAHASA
Majas adalah gaya bahasa dalam bentuk tulisan maupun lisan yang di gunakan untuk suatu karangan untuk mewakili perasaan dan pikiran pengarang,
Pada dasarnya majas di bagi menjadi empat yaitu :
1. majas perbandingan
2. majas sindiran
3. majas penegasan
4. majas pertentangan
MAJAS PERBANDINGAN
Majas perbandingan adalah majas yang digunakan untuk membandingkan sesuatu dengan lainnya.

IKLAS BARIS
Iklan baris (bahasa Inggris: Classified advertising) adalah salah satu cara promosi barang dan jasa yang umumnya ditemukan di koran. Cara ini merupakan pengembangan dari promosi iklan yang mengutamakan daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang lebih lengkap dan terinci.

PANTUN
Pantun ialah puisi lama yang terikat oleh syarat-syarat tertentu (jumlah baris, jumlah suku kata, kata, persajakan, dan isi).
Ciri-ciri pantun adalah
a. Pantun terdiri dari sejumlah baris yang selalu genap yang merupakan satu kesatuan yang disebut bait/kuplet.
b. Setiap baris terdiri dari empat kata yang dibentuk dari 8-12 suku kata (umumnya 10 suku kata).
c. Separoh bait pertama merupakan sampiran (persiapan memasuki isi pantun), separoh bait berikutnya merupakan isi (yang mau disampaikan).
d. Persajakan antara sampiran dan isi selalu paralel (ab-ab atau abc-abc atau abcd-abcd atau aa-aa)
e. Beralun dua

KESIMPULAN
Kesimpulan adalah pernyataan berisi fakta,pendapat,alasan pendukung mengenai tanggapan suatu objek. Bisa dikatakan bahwa kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi. Dalam soal Bahasa Indonesia kesimpulan bisa berupa rangkaian kalimat kalimat fakta yang di beri pendapat.

Contoh :
Pengguna jasa angkutan udara dan laut di Balikpapan,Kalimanta Timur menuju Ujung Pandang dan Surabaya pada musim liburan sekolah juni – juli 1996 mencapai puluhan ribu orang . Seluruh penerbangan dan pelayaran menuju Surabaya penuh dan pesanan tiket melonjak dari hari biasanya.
Kesimpulan dari bacaan di atas adalah :
Pesanan tiket jasa angkutan melonjak pada musim liburan.

BERITA
Berita merupakan bentuk laporan tentang suatu kejadian yang sedang terjadi baru baru ini atau keterangan terbaru dari suatu peristiwa. Dengan kata lain berita adalah fakta menarik atau sesuatu hal yang penting yang disampaikan pada masyarakat orang banyak melalui media. Tapi tidak semua fakta bisa diangkat menjadi suatu berita oleh media. Karena setiap fakta akan dipilih mana yang pantas untuk disampaikan pada masyarakat.

INDEKS
Indeks adalah koleksi rujukan yang berarti daftar karya tulis yang disusun secara sitematis, untuk menunjukkan di mana bahan-bahan tersebut berkala lainnya, bagian-bagian buku teks, tesis, disertasi, laporan penelitian, pidato-pidato, terbitan pemerintah dan sebagainya.
Contoh indeks yang bersifat umum:
• Essay and General Literature Index.
New York: H.W. Wilson, 1900/1933 to
date.

BIOGRAFI TOKOH
Biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (non-fiction / kisah nyata). Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tangga lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi.

Macam-macam Biografi :

* Berdasarkan sisi penulis
* Berdasarkan Isinya
* Berdasarkan persoalan yang dibahas
* Berdasarkan penerbitannya

CATATAN HARIAN
Catatan harian adalah tulisan seseorang tentang pengalamannya yang dicurah kah kedalam sebuah catatan tentang kehidupannya sehari hari.

Contoh Catatan Harian
04 Februari 2003

Hari ini aku bahagiaaa baget, ry. Pagi-pagi sekali Dad ‘n Mom bangunin aku. Mereka mencium pipiku dan ngucapin happy b' day. Tapi setelah itu aku langsung disuruh bangun buat shalat shubuh. Yee, kirain mau kasih hadiah. Tunggu dulu. Pas sarapan, Mom kasih kado berpita merah jambu. Katanya dari Dad ‘n Mom. Langsung dech aku buka. Kamu tahu isinya apa? Jilbab, lagi? Ya, ini adalah jilbab kelima yang dihadiahkan oleh Dad ‘n Mom sejak ultahku yang ke dua belas. Dan seperti biasa ada secarik kertas bertuliskan ‘SEMOGA TETAP ISTIQOMAH'. Hm… Dad ‘n Mom ini, kayaknya gak percaya dech kalau aku sudah bisa beristiqomah berjilbab semenjak masuk SMP dulu. Oh iya hampir lupa, bang Aldi kasih aku sebuah novel dan tiga buah buku kumpulan cerpen remaja islami. Wah senangnya. Nggak biasanya lho abangku yang satu ini ngasih aku hadiah buku banyak begini. I love you all.

Di sekolah aku habis-habisan dikerjain temen-temen sekelas. Mulai dari dicuekin sejak jam pelajaran pertama sampai pulang sekolah, pas mau pulang dibanjur air beraneka rupa, dilemparin telor, ditaburin tepung terigu. Pokoknya jail abis. Tapi aku seneng mereka ingat hari ulang tahunku. Thanks dude.

SURAT
SURAT adalah Sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Informasi itu dapat berupa :
          - pemberitahuan
          - pernyataan
          - perintah
          - permintaan / permohonan
          - laporan

FUNGSI SURAT

1.       Sebagai sarana komunikasi.
2.       Sebagai alat untuk menyampaikan pemberitahuan / permintaan atau permohonan, buah pikiran atau gagasan.
3.       Sebagai alat bukti tertulis.
4.       Sebagai alat untuk mengingat.
5.       Sebagai bukti historis.
6.       Sebagai pedoman kerja.


JENIS SURAT

Dilihat dari segi bentuk, isi, dan bahasanya, surat digolongkan atas 3 jenis, yaitu :
          1. Surat pribadi
          2. Surat dinas
          3. Surat niaga


UNSUR INSTRISTIK
Yang dimaksud unsur-unsur intrinsik adalah unsur-unsur pembangun karya sastra yang dapat ditemukan di dalam teks karya sastra itu sendiri. Sedangkan yang dimaksud analisis intrinsik adalah mencoba memahami suatu karya sastra berdasarkan informasi-informasi yang dapat ditemukan di dalam karya sastra aitu atau secara eksplisit terdapat dalam karya sastra. Hal ini didasarkan pada pandangan bahwa suatu karya sastra menciptakan duianya sendiri yang berberda dari dunia nyata. Segala sesuatu yang terdapat dalam dunia karya sastra merupakan fiksi yang tidak berhubungan dengan dunia nyata. Karena menciptakan dunianya sendiri, karya sastra tentu dapat dipahami berdasarkan apa yang ada atau secara eksplisit tertulis dalam teks tersebut.Pada umumnya para ahli sepakat bahwa unsur intrinsik terdiri daria. Tokoh dan penokohan / perwatakan tokoh.  Tema dan amanatc. Latard. Alure.

NOVEL, CERPEN, DRAMA , DAN PUISI
Novel atau Cerpen atau Cerita pada dasarnya adalah jalinan kejadian yang di alami oleh tokoh-tokoh di dalamnya dengan alur serta setting waktu dan tempat yang relevan.

Maka di dalam sebuah cerita yang baik harus ada setidaknya jalinan kejadian yang teratur dan logis, tokoh yang mengalami kejadian dan keterangan-keterangan.

Keterangan ini bisa berupa keterangan waktu dan tempat maupun keterangan suasana.

Tanpa keterangan-keterangan ini, cerita akan sulit mendeskripsikan diri kepada pembaca tentang dirinya sendiri. Cerita tidak akan tersampaikan kepada pembaca dengan baik. Karena pembaca butuh keterangan-keterangan untuk ikut merasakan bagaimana keadaan di dalam cerita yang sebenarnya.

Tokoh merupakan inti cerita yang saling bertautan dan saling membutuhkan dengan kejadian. Kejadian tidak pernah ada tanpa ada si pemeran dalam kejadian itu. Sedangkan pemeran tak akan bisa menimbulkan cerita tanpa adanya kejadian.

Maka pada awal belajar menlis, mari kita mulai berlatih tentang pembentukan sesosok tokoh, dan berbagai kemungkinan kejadian yang bisa terjadi.

PENGERTIAN PIDATO  
Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

A.   Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1.      Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara    mc.
2.      Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3.      Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4.      Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.

No comments:

Post a Comment